SAMBUTAN KETUA

 

Assalamualaikum wr wb

Upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia harus terus dilakukan dengan langkah-langkah konkret. Kemajuan zaman dan perkembangan informasi teknologi merupakan tantangan yang sekaligus menjadi ancaman bagi keberadaan ummat yang hidup saat ini. Ia akan menjadi tantangan yang positif bagi mereka yang mempersiapkan diri untuk menghadapinya dan menjadi pintu kehancuran bagi siapa saja yang tidak siap.

Keteladanan Nabi Muhammad Saw membuktikan bahwa pendayagunaan sumber daya manusia membutuhkan satu pusat kelembagaan atau institusi pendidikan dan pengajaran, dakwah islam dan pengembangan sosial budaya dan itu telah menghasilkan pembinaan umat yang sempurna, sejahtra lahir dan batin serta diridoi oleh Allah Swt. Pancasila sebagai falsafah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi warga Negara Republik Indonesia adalah sebagai suatu landasan kehidupan yang mengandung nilai-nilai keseimbangan lahiriah dan bathiniyah sehingga menjadikan kehidupan yang sejahtera bagi pengamalnya.

Untuk mewujudkan itu semua, dengan sepenuh hati memohon ridho dan kekuasaan kepada Allah SWT, Yayasan Qolbunsalim Indonesia [YAQIN] memberikan kontribusi nyatanya dalam membangun sumber daya manusia Indonesia dengan menanamkan keimanan dan ketakwaan umat yang diwarnai dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berwawasan lingkungan.

Kesuksesan pembangunan manusia sempurna (insan kamil) dan pembinaan masyarakat Indonesia, banyak terfokus pada kesempurnaan peribadatan serta pendidikan. Dengan kesempurnaan peribadatan serta pendidikan ini – baik pendidikan yang berorientasi hati maupun akal, insan-insan yang bertaqwa, berbudi luhur, berilmu yang amaliyah dan beramal ilmiah, bertanggungjawab terhadap agama, bangsa dan negara, diharapkan lebih mudah untuk diwujudkan

Usaha tersebut insya Allah diwujudkan dalam 4 (empat) bidang utama yaitu, 1) Penyelenggaran Pendidikan dari tingkat usia dini hingga perguruan tinggi; 2) penerimaan dan penyaluran donasi (sumbangan) berupa hibah, infaq, dan sodakoh (HIS) dan bentuk-bentuk lain; 3) penyelenggaran penelitian dan pengembangan,  training, seminar, dan lain-lain; 4) menyelenggarakan berbagai usaha untuk menopang jalannya organisasi.

Tentu saja, dalam pelaksanaanya kami tidak bisa berjalan sendiri. Kami sangat membutuhkan uluran tangan para dermawan dalam bentuk apa pun. Kami ingin yayasan ini menjadi ladang amal bagi semua orang. Sesuai taglinenya, ‘BERILMU DAN BERAMAL‘, kita ingin menjadikan Yaqin sebagai wadah yang tepat bagi siapa saja untuk menerapkan dua hal ini yaitu menjadi manusia yang memiliki ilmu pengetahuan dan memanfaatkannya untuk beramal.

Akhirnya, saya mewakili seluruh pengurus dan para peserta binaan, kami mengucapkan ribuan terima kasih atas donasi yang diberikan dalam bentuk apa pun. Sama-sama berdoa semoga semua yang kita berikan dan lakukan menjadi amal kebaikan di hadapan Allah, amin.

wassalamualaikum wr wb

Bahren Nurdin, SS., MA
Ketua